Thursday, February 23, 2012

Faktor-faktor Dunia Bisnis

Bisnis adalah kreatifitas, bisnis adalah kebebasan, bisnis adalah proses kemandirian dan bisnis adalah sarana untuk belajar dengan banyak orang. Ada beberapa faktor yang menuntut seseorang untuk terjun kedunia bisnis,yang pada dasarnya semua faktor tersebut mengacu pada kebutuhan ekonomi atau finansial seseorang:
Pertama: karena minimnya lapangan pekerjaan.
Minimnya lapangan pekerjaan sebagai penyebab seseorang terjun kedunia bisnis disini ada dua sisi yang ingin saya sampaikan, sisi kebutuhan seseorang terhadap pekerjaan itu sendiri dan sosial seseorang untuk membangun sebuah bisnis agar dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang yang mebutuhkan. Kasus yang banyak terjadi dimasyarakat, orang terjun kebisnis bukan kerena faktor sosial yang saya sebutkan diatas, melainkan karena kecilnya kesempatan mereka untuk dapat bekerja baik di pemerintah maupun swasta. Masalah ini sebernnya masalah jadul pemerintah, pemerintah membuat sebuah konsep wajib belajar sampai perguruan tinggi tapi setelah selesai tugas belajar bingung mau kemana, alias tidak ada langkah kongkrit untuk mempung tenaga kerja. Sehingga disini ada kesan pemerintah kurang menghargai putra-putri bangsanya, berapa banyak orang yang berprestasi di bangsa ini yang ditarik oleh negara luar untuk bekerja disana, dan berapa banyak profesor-profesor atau ilmuwan kita yang mengembangkan teknologi atau menciptakan sesuatu baru di negara luar. Jepang dan negara maju lain memproduksi sebuah teknologi, Indonesia yang mengkonsumsi produk mereka. Sementara Indonesia mampu memproduksi atau menciptakan profesor-profesor dan ilmuwan handal, negara lain menggunakannya, Aneh bukan?? hehehehe, bukan bermaksud untuk memojokan pemerintah tapi ini hanya sekedar wacana saja.
kedua: faktor kreatifitas, sebagian orang memilih untuk terjun kedua bisnis karena alasan kreatifitas. Dengan membangun bisnis andrenalin mereka terpacu untuk menciptakan produk-produk baru, berkreasi dengan bisnisnya, memiliki waktu yang banyak untuk mengerjakan hal-hal lain yang belum didapatkan, memiliki waktu yang luas untuk mempelajari hal baru yang belum ada, termasuk menciptakan bisnis-bisnis baru. Karena alasan ini jangan heran jika seorang pengusaha memiliki banyak bisnis dalam bidang yang berbeda.
ketiga: karena faktor tambahan penghasilan, alias bekerja sambil berbisnis.
Beberapa tahun yang lalu mungkin hal ini sulit untuk dilakukan orang. Bagaimana tidak sulit mengerjakan dua pekerjaan dalam waktu yang sama, sementara dalam berbisnis membutuhkan konsentrasi dan usaha yang keras untuk sukses dalam bisnisnya. Tetapi saat ini dengan adanya internet sebagai media bisnis, menjadikan dunia terasa sempit dan berbagai macam pilihan bisnis tersedia, orang tinggal pilih ingin bisnis seperti apa, produk yang akan dipasarkan, apakah produk milik orang lain, ataukah memasarkan roduknya sendiri. Jika Anda ingin menjalankan sebuah bisnis, perhatikanlah bisnis apa yang sesuai dengan Anda jangan asal coba-coba karena bisnis bukan uji coba.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar