Wednesday, March 7, 2012

Panduan Promosi Online

Tahap promosi online ini terdiri dari beberapa tahap dan cara. Ingat, tujuan pemasangan ini bukanlah sekedar untuk promosi langsung. Tapi juga untuk menanamkan link Anda di tempat lain. Ingatlah bahwa jika URL atau link anda terdapat di banyak tempat/situs ini akan meningkatkan "kepopuleran" situs anda yang akan sangat berarti untuk menaikkan rangking situs anda di Search engine.

1). PROMOSI LEWAT SEARCH ENGINE

Mendaftarkan alamat situs anda ke search engine atau situs pencari merupakan langkah pertama yang wajib anda lakukan dalam tahap promosi online ini. Cara mendaftarkan situs anda ke search engine nasional/Internasional, kunjungi situsnya, lalu cari link, tambah situs/ tambah url /add url/submit your site/ dll..., lalu isi judul dan deskripsi website anda dan url-nya. Dan dalam waktu yang singkat situs anda akan berada dalam database mereka.

Biasanya yang perlu Anda isikan di pandaftaran search engine adalah data Anda beserta url saja. Beda dengan direktori yang harus memilih kategori website dan mengisi deskripsi website Anda.

Jika bisnis atau situs anda di tujukan untuk konsumen masyarakat Indonesia saja maka daftarkan alamat situs anda ke Search Engine lokal berikut ini :

http://www.searchindonesia.com/ http://www.incari.com/ http://indonesia.asiaco.com/


2) PROMOSI LEWAT DIRECT EMAIL MARKETING

Salah satu promosi yang paling 'hot' dan bisa langsung mengenai target adalah direct e-mail. Iklan atau email marketing Anda akan langsung masuk ke inbox setiap orang yang si tuju. Anda perlu membuat sales letter yang baik jika Anda melakukan promosi dengan metode ini. Terdapat berbagai cara untuk memperoleh alamat e-mail yang merupakan target Anda. Cara yang tidak kami rekomendasikan adalah dengan pengumpulan alamat e-mail dengan bantuan software (terdapat software yang bisa mendownload alamat e-mail dari suatu situs). Ada beberapa cara untuk memperoleh alamat e-mail yang akan Anda jadikan sasaran market Anda. Yang paling mudah adalah mencari di situs iklan baris.

Cari alamat e-mail pemasang iklan yang mempunyai kesamaan dengan bisnis ini. Kemudian, jika Anda mengiriminya dengan e-mail promosi Anda, maka Anda harus mengatakan pada isi pesan Anda bahwa Anda tertarik dengan iklan yang ia tawarkan dan berniat berbagi peluang dengannya serta e-mail ini hanya sekali datangnya. Artinya, Anda jangan mengiriminya dengan e-mail kedua dan seterusnya. Cara lain untuk mencari alamat email adalah lewat milis atau newsgroups. Ingat promosi direct email marketing dengan jalan mencari alamat email lalu mengiriminya dengan email promosi adalah cara promosi yang bisa anda lakukan tapi tidak saya anjurkan.

Jika anda mempunyai daftar alamat email dan "terpaksa" ingin mengirim email promosi pada pemilik alamat-alamat tersebut anda "boleh" saja mengirimi mereka email promosi dengan "syarat" berikut agar anda tidak di tuduh melakukan Spam

- Bahasa harus sopan singkat dan tidak bertele-tele
- Karena anda tidak kenal dengan pemilik alamat email, sampaikan dulu permintaan maaf karena anda telah mengiriminya email dan katakan kalau anda hanya ingin sekedar berbagi informasi. Jika pihak penerima email membalas dan menanggapi dengan baik anda masih bisa mengiriminya email kedua dan seterusnya. Tapi jika penerima email tidak memberikan tanggapan atau justru marah-marah maka anda tidak boleh mengiriminya email lagi.

Terdapat banyak institusi/perusahaan internet di Indonesia yang menawarkan Direct Email Marketing, yaitu program kampanye / promosi suatu situs / produk / jasa yang dilakukan dengan penawaran langsung ke suatu alamat e-mail. Perusahaan ini telah mempunyai database sejumlah e-mail sebagai target pemasaran. Perusahaan semacam itu biasanya menerbitkan electronic magazine (e-Zine) dan mempunyai sejumlah subscriber. Cara ini sangat aman dan efektif untuk promosi. Untuk itu perusahaan tersebut memungut sejumlah biaya. Beberapa situs yg menawarkan paket ini misalnya
www.networker-indonesia.com Situs ini memiliki jumlah subcriber yang cukup besar dan melakukan pengiriman email newsletter secara berkala. Iklan anda bisa anda "titipkan" sehingga bisa di baca oleh para subcribernya.


Demikian postingan tentang cara promosi online, semoga bermafaat.///

0 komentar:

Post a Comment

Komentar